Evaluasi Realisasi Penggunaan Produk Dalam Negeri dalam Belanja PBJ di OPD

Batam, Kamis, 4 Agustus 2022, Bertempat di Ruang Rapat Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Kota Batam, Tim Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) bersama Inspektorat selaku APIP melakukan evaluasi dan bimbingan teknis tata cara dan pelaporan penggunaan Produk Dalam Negeri pada Belanja Pengadaan Barang dan Jasa di lingkungan OPD Kota Batam, dihadiri oleh para Pejabat Pembuat Komitmen OPD dan dimulai dari Senin tanggal 1 Agustus 2022 sampai dengan Kamis 4 Agustus 2022.

Acara dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Batam dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bagian Barang dan Jasa, Wiratmoko sekaligus menyampaikan kata sambutan dan arahan terkait evaluasi penggunaan produk dalam negeri yang telah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan untuk dijaga minimal 40%, paparan dasar hukum pengadaan barang dan jasa berdasarkan Instruksi Walikota Batam Nomor 4 Tahun 2022 dan Surat Edaran Walikota Batam Nomor 35/PG.00.04/VI/2022, evaluasi hasil pelaporan Sistem Pengawasan P3DN Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP), tata cara pelaporan Produk Dalam Negeri di website BPBJ, Kewajiban pemanfaatan Katalog Elektronik Lokal dan mendorong Pelaku UMK di sekitar OPD untuk menayangkan produk di katalog elektronik lokal, Pengisian E-Kontrak dan Penilaian Kinerja Penyedia, Pengadaan laptop sesuai dengan Surat Edaran Nomor 9 LKPP tahun 2022.

Acara berlangsung santai disertai dengan diskusi dan tanya jawab oleh PPK mulai dari tata cara pelaporan penggunaan Produk Dalam Negeri sampai dengan tata cara penggunaan katalog elektronik lokal yang sangat mudah. PPK berharap selain bimbingan teknis juga ada pendampingan untuk pelaporan PDN dan penggunaan katalog elektronik lokal di kemudian hari.

Diinformasikan kepada PPK, bahwa UKPBJ selalu mengadakan coaching clinic serta business matching yang dilaksanakan setiap hari agar tercapai kebutuhan dan penyediaan produk oleh penyedia kepada OPD serta pendampingan PPK dan PP saat belanja katalog elektronik lokal. Saat ini produk tayang sudah mencapai lebih dari 700 lebih produk dan akan terus diupayakan bertambah tiap harinya. Diharapkan Tahun 2023 Pemerintah Kota Batam sudah beralih dari pengadaan manual ke pengadaan elektronik seperti pemanfaatan katalog elektronik lokal.

Previous UKPBJ Ajak Pelaku Usaha Mikro Perorangan Binaan Dinas KUMK untuk Tayang Produk di Katalog Elektronik Lokal
Statistik Pengunjung sejak 15 Juni 2022

  • Today's visitors:19
  • Today's page views 29
  • Total visitors 2,468
  • Total page views 4,254

Alamat Kantor

Kantor Walikota Batam Lantai 1,

Jl. Engku Putri No.1, Batam Kota, Batam

Jam Kerja:

Senin-Jumat:

07:30 – 16:00 WIB

Bagian Pengadaan Barang dan Jasa © 2022. Hak Cipta Dilindungi Undang-undang